PNS



PERANAN KEPEMIMPINAN YANG DEMOKRATIS DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MISKIN DI DESA AEK BATU KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Abstract

The application of a democratic leadership in a region often considered capable of carrying on the welfare of the poor. The existence of the rule of law, individual freedom and access to information considered to be able to create a healthy economy activities. But the theory is often not in line with what happens in real life. Many people who doubt the democratic leadership role in improving the welfare of the poor. Therefore, the evaluation of the very democratic leadership needs to be done in improving the welfare of the poor because it can be used to assess the ability of the leadership within the prosper of its people.

Keywords: Democratic Leadership, The Welfare Of The Poor

Abstrak
Penerapan kepemimpinan yang demokratis di suatu wilayah seringkali dianggap mampu membawa pada kesejahteraan masyarakat miskin. Adanya penegakan hukum, kebebasan individu dan akses informasi dianggap dapat menciptakan kegiatan perekonomian yang sehat. Namun teori seringkali tidak sejalan dengan apa yang terjadi di kehidupan nyata. Banyak pihak yang menyangsikan peranan kepemimpinan yang demokratis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin. Oleh karena itu, evaluasi kepemimpinan yang demokratis sangat  perlu dilakukan dalam meningkatkan  kesejahteraan masyarakat miskin  karena dapat dipergunakan untuk menilai kemampuan kepemimpinannya dalam mensejahterakan rakyatnya.
Kata Kunci : Kepemimpinan Demokratis, Kesejahteraan Masyarakat Miskin









Menurut House dalam Gary Yukl (2009:4) “kepemimpian adalah kemampuan individu untuk mempengaruhi, memotivasi dan membuat orang lain mampu memberikan kontribusinya demi efektivitas dan keberhasilan organisasi. Jadi dari pendapat House dapat dikatakan bahwa kepemimpinan merupakan cara mempengaruhi dan memotivasi orang lain agar orang tersebut mau berkontribusi untuk keberhasilan organisasi.”
Menurut Hasibuan (2006:43) “kepemimpinan adalah cara seorang pemimpin mempengaruhi perilaku bawahan agar mau bekerja sama dan bekerja secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.”
Gaya kepemimpinan demokratis adalah gaya seorang pemimpin yang menghargai karakteristik dan kemampuan yang dimiliki oleh setiap anggota organisasi (Prima, A, 2013). Pimpinan selalu melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan saat ada masalah. Selain itu pimpinan juga memberikan gambaran dan bimbingan yang efisien tentang tugas yang akan diberikan kepada bawahannya.
Menurut Undang-Undang No 11 tahun 2009, tentang kesejahteraan masyarakat adalah kondisi terpenuhinya kebutuhan material, spiritual, dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat melaksanakan fungsi sosialnya.

            Pada sebuah organisasi pemerintahan, kesuksesan atau kegagalan dalam pelaksanaan tugas dan penyelenggaraan pemerintahan dipengaruhi oleh kepemimpinan dan didukung oleh kapasitas organisasi pemerintahan yang memadai, maka penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik akan terwujud, sebaliknya kelemahan kepemimpinan merupakan salah satu sebab keruntuhan kinerja birokrasi di Indonesia (Istianto, 2009). Kepemimpinan dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin dalam mengarahkan, mendorong dan mengatur unsur-unsur didalam organisasi yang diinginkan sehingga menghasilkan kesejahteraan masyarakat miskin yang maksimal. Dengan kepemimpinan yang demokratis berarti tercapainya hasil kerja pegawai negeri sipil yang ada didalamnya untuk membantu mewujudkan tujuan organisasi tersebut.
            Kesejahteraan dan kemandirian masyarakat miskin memerlukan upaya bantuan pengolahan pembangunan yang partisipatif dari pegawai negeri sipil, pada tatanan pemerintahan diperlukan perilaku pemerintah yang jujur, terbuka, bertanggung jawab dan demokratis, sedangkan  pada tatanan masyarakat perlu dikembangkan mekanisme yang memberikan peluang peran serta masyarakat dalam proses pengambilan keputusan bagi kepentingan bersama. Keberhasilan pemimpin dalam mensejahterakan masyarakat miskin dengan membuat program-program untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya masyarakatnya. Pemimpin yang demokratis harus bertanggung jawab akan semua hal yang ia jalankan. Program akan berjalan dengan baik, ketika peran kepemimpinan dalam sebuah program tersebut dijalankan dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan tanggung jawab, namun sebaliknya jika peran kepemimpinan tidak dilaksanakan sesuai dengan aturan main yang ada maka akan timbul berbagai persoalan yang dapat menghambat atau mempengaruhi program kesejahteraan masyarakatnya.
            Dari paparan diatas terlihat dengan jelas bahwa kemajuan dan kemunduran suatu kepemimpinan yang demokratis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin tergantung dari kualitas kepemimpinan seorang pemimpin. Dilihat dari sudut pandang apapun juga pemimpin selalu ditempatkan pada satu titik yang sangat penting. Peran pemimpin yang demokratis dalam mensejahterakan masyarakat miskin sangat vital. Karena dalam perannya, seorang pemimpin yang demokratis akan mewujudkan visi dan misinya dalam mensejahterakan masyarakat miskin didaerahnya. Kepemimpinan demokratis dianggap punya hubungan yang sangat kuat dengan kesejahteraan masyarakatnya karena diaplikasikannya sistem demokrasi yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi. Jadi kepemimpinan yang demokratis harus dapat menjalankan fungsinya sebagai pemberdayaan masyarakat, pelayanan masyarakat, pennyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Pengaruh-pelaksanaan-demokrasi-terhadap-kesejahteraan-jessica-martha-arry-bainus-dudi-heryadi.pdf
160874-ID-kinerja-lurah-dalam-meningkatkan-kesejah.pdf
1328-ID-pengaruh-kepemimpinan-terhadap-kinerja-pegawai-negeri-sipil-di-kantor-kecamatan.pdf
77388-ID-peran-tenaga-kesejahteraan-sosial-kecama.pdf
Amrizal,dedi,2017

Komentar

  1. How to play baccarat - Wahlburg – Urban Dictionary
    baccarat is the process whereby players take the positions of the player that they wish to 메리트카지노 play in. The process is 제왕 카지노 similar to a 바카라 사이트 traditional wager, in that the player has to

    BalasHapus

Posting Komentar