PKM-P


images.jpeg
PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE SAAT BERKENDARA TERHADAP POTENSIAL  KECELAKAAN LALU LINTAS PADA OJEK ONLINE DI MEDAN
BIDANG KEGIATAN
PKM PENELITIAN
                                                                                  
Diusulkan Oleh:
Rini Anggi Safitri; 1503100001; 2015
Deli Mustika Devi; 1503100004; 2015
Ely Wahyuni; 1503100061; 2015

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
MEDAN
2017



PENGESAHAN PROPOSAL PKM-P

1.    Judul Kegiatan                                    : Pengaruh penggunaan handphone
disaat berkendara terhadap   
potensial kecelakaan lalu lintas
pada ojek online di Medan 

2.      Bidang Kegiatan                                 : PKM-P
3.      Ketua Pelaksana Kegiatan     
a.       Nama Lengkap                              : Rini Anggi Safitri
b.      NPM                                             : 1503100001
c.       Jurusan                                          : Ilmu Administrasi Negara
d.      Universitas/Institut/Politeknik      : UMSU
e.       Alamat Rumah dan No Tel/HP     : Pembangunan 3 Gang A no.6
f.       Email                                             : Rinianggi97@gmail.com
4.      Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : 2 Orang
5.      Dosen Pendamping                            
6.      Nama Lengkap dan Gelar                   : Dedi Amrizal, S.Sos., M.Si
a.       NIDN                                           : 0819067003
b.      Alamat Rumah dan No.Tel/HP    : Jalan Pancing, Gg pendidikan no.57                                                                   Medan / 081397890706
7.      Biaya Kegiatan Total                         
a.       Kemristekdikti                             : Rp. 9.075.000
b.      Sumber lain                                  : -
8.      Jangka Waktu Pelaksanaan                 : 5 bulan

Medan, 04 Mei 2017
Menyetujui
Wakil Dekan III                                                          Ketua Pelaksana,




(Abrar Adhani, S.Sos.,M.I.Kom)                               (Rini Anggi Safitri)
NIDN : 0111117804                                                   NIM : 1503100001

Wakil Rektor I UMSU                                               Dosen pendamping,   
Bidang Akademik



(Dr. H. Muhammad Arifin, S.H.,M.Hum)                  (Dedi Amrizal, S.sos.,M.Si)
NIP : 1 NIP. 1957201131987031002                         NIDN. 0819067003
DAFTAR ISI
Halaman

COVER                                                                                                          i          
LEMBAR PENGESAHAN                                                                           ii
DAFTAR ISI                                                                                                  iii        
BAB 1. PENDAHULUAN......................................................................... 4

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA................................................................ 5

BAB 3. METODE PENELITIAN.............................................................. 7

BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN......................................... 8
4.1 Ringkasan Anggaran Biaya.................................................................... 8
4.2 Jadwal Kegiatan..................................................................................... 8

Daftar Pustaka............................................................................................. 9
Lampiran Lampiran...................................................................................... 10











BAB 1. PENDAHULUAN
Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat dekat dan tanpa jarak. Awalnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan zaman sehingga terjadi pengalihan fungsi teknologi. Kemajuan teknologi ibarat pisau bermata dua, di satu sisi ada manfaat yang dapat mempermudah dan memberikan kenyamanan dalam kehidupan kita, namun di sisi lain, jika tidak diwaspadai kemajuan teknologi akan menjerumuskan kita pada kemadharatan. Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan dibahas yaitu mengenai maraknya ojek online yang menggunakan handphone disaat berkendara. Dengan adanya handphone, jarak menjadi lebih dekat, bisnis menjadi lebih lancar, sehingga ramalan bahwa dunia akan menjadi kampung global, menjadi kenyataan. Meskipun memang benar peranan handphone pada saat ini sangatlah penting dan sangat membantu orang dalam berkomunikasi jarak, baik dekat maupun jarak jauh. Namun demikian, ternyata handphone juga membawa dampak buruk yang tidak sedikit, mulai dari bahaya terganggunya kesehatan karena gelombang mikrowive yang digunakannya, hingga bahaya akhlak dan moral para penggunanya.
Contoh lain yang lebih berpengaruh dalam pengguan handphone terhadap ojek online pada saat berkendara, para ojek online kebanyakan rela mengacuhkan keselamatan hanya demi untuk bisa melihat orderan dari pelanggan .  Atas dasar itulah dalam penulisan karya tulis ini, kami mengambil tema sosial yang berguna untuk memberikan informasi pada semua dan memberikan judul “Pengaruh Penggunaan Handphone Disaat Berkendara Terhadap Potensial Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ojek Online Di Medan”. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perilaku “safety riding” ojek online dalam penggunaan handphone saat mengendarai sepeda motor serta menganalisis potensial resikonya terhadap kejadian kecelakaan lalu lintas. Seta untuk menjadi acuan bagi para ojek online agar lebih peduli terhadap keselamatan dan mengurangi penggunaan handphone dijalan raya guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Luaran yang kami harapkan dalam penelitian ini yaitu berupa artikel dan jurnal ilmiah yang dipublikasikan baik dalm bentuk cetakan maupun elektronik, sehingga masyarakat terutama kalangan ojek online dapat mengakses dengan mudah dan dengan biaya yang murah. Tujuannya agar ojek online dapat mengetahui tentang realita bahayanya menggunakan handphone di jalan raya sehingga mereka dapat mengambil pelajaran dari sebuah kehidupan.



BAB 2.  TINJAUAN PUSTAKA
            Handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar  yang sama dngan telephone fixed line  sehingga konvesional, namun dapat di bawa kemana-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telephone menggunakan kabel ( nirkabel, wireles ). Kegunaan handphone yaitu komunikasi antar manusia(smartphone adalah suatu bentuk pengembangan terbaru dari teknologi telepon nirkabel.
Dengan smartphone seseorang dapat melakukan komunikasi seperti handphone biasa pada umumnya, yaitu seperti untuk telephone suara, mengirim pesan sms, dan layanan data), mencari informasi/ilmu(berselancar di dunia internet jauh lebih nyaman jika menggunakan smartphone dari pada hp biasa yang belum dilengkapi dengan teknologi yang canggih), hiburan(smartphone dapat menayangkan berbagai format multimedia yang ada), aplikasi(Pengguna hp dapat memasang dan menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia di internet dan juga non internet yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakannya), penyimpanan data(smartphone yang diberi kartu tambahan akan mampu menampung data yang lebih besar), gaya(ada banyak orang menggunakan handphone untuk menunjang penampilan sehari-hari), dan penunjuk arah(salah satu penting dari handphone adalah untuk mendapatkan informasi, selain itu dengan dipadukan layanan jejaring sosial maka dapat menjadi sesuatu yang sangat menarik dan dibutuhkan).
Ojek adalah transportasi umum tidak resmi di Indonesia berupa sepeda motor atau sepeda yang disewakan dengan cara memboncengkan penumpang. Ojek banyak digunakan oleh penduduk kota-kota besar karena kelebihannya dibandingkan dengan angkutan lain, salah satu di antaranya yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Terminologi lalu lintas adalah pergerakan benda yang searah/berlawanan arah dan pergerakan benda memotong arah dalam suatu ruang pergerakan atau jalur pergerakan. Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda.
Menurut Carter & Homburger kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa yang terjadi akibat adanya kesalahan pada sistem pembentuk lalu lintas yaitu meliputi manusia, kendaraan, jalan dan lingkungan. Keselamatan berkendara mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain, agar dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Diperlukan sebuah sistem yang lebih menyeluruh sehingga pengendara kendaraan bermotor benar-benar sadar dan paham akan pentingnya menjaga dan membudayakan keselamatan di jalan raya. Konsep safety riding kemudian dikembangkan menjadi defensive driving. merupakan pengembangan lebih lanjut dari safety riding yang sudah ada dimana terdapat empat kunci utama prinsip defensive driving tersebut yaitu: Kewaspadaan(Alertness) merupakan faktor utama yang menjamin pengendara untuk selalu siaga dan waspada. Ini adalah sistem perlindungan pertama jika menghadapi pengendara lain yang berlaku tidak aman di jalan raya.
Ojek online tidak akan mudah terpengaruh untuk mengikuti tindak tidak aman di jalan raya karena ia sadar sepenuhnya akan bahaya, kesadaran (Awarness) adalah penguasaan diri dalam berkendara. Ojek online yang mempunyai kesadaran penuh dan memiliki prosedur berkendara dengan baik, benar, dan aman akan selalu terdorong untuk tertib pada peraturan yang ada. Selain itu, ojek online yang mempunyai kesadaran penuh dalam berkendara tidak akan bersikap membahayakan, serta sikap dan mental (Attitude) merupakan faktor dominan yang sangat menetukan keselamatan di jalan raya. Ojek online yang dapat mengendalikan sikap di jalan raya berarti dapat mengendalikan emosinya. Dengan pengendalian emosi di jalan raya, maka akan muncul sikap untuk memperhatikan kepentingan orang lain selain kepentingan dirinya. Sikap emosional yang memicu arrogan driving dapat dihindarkan.
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kecelakaan lalu lintas jalan menjadi penyebab utama kematian ke-9 dan 2,2 % dari kematian global . Diprediksi peringkat kecenderungan peningkatan kejadian tersebut sehingga kecelakaan lalu lintas akan menjadi sebagai penyebab utama ke-5 pada 2030 jika tidak ada tindakan pencegahan yang diambil untuk mengatasi hal tersebut. Kematian lalu lintas di jalan diperkirakan akan naik dari tingkat saat ini hampir 1,3 juta kematian setiap tahun atau lebih dari 1,9 juta kematian per tahun pada tahun 2020 . Menurut Dewan Keselamatan Nasional (NSC) AS, diperkirakan bahwa setidaknya 28 % dari semua kecelakaan lalu lintas atau setidaknya 1,6 juta kecelakaan lalu lintas setiap tahun melibatkan pengemudi menggunakan telepon seluler .
Penelitian yang dilakukan oleh James menunjukkan gangguan pengendara akibat penggunaan ponsel adalah resiko yang jelas dan tidak sulit untuk dimengerti, karena posisi pengendara ketika mereka mencoba untuk memanggil nomor, mengubah musik pada smart phone, pengendara tersebut tidak bisa mempertahankan kecepatan yang konsisten , melayang menuju garis tengah , atau tidak bergerak ketika perubahan cahaya dari merah ke hijau. Mengidentifikasi gangguan pengendara secara real time merupakan tantangan penting dalam mengembangkan sistem mitigasi gangguan, terutama dalam mendeteksi gangguan kognitif yang membutuhkan integrasi dari sejumlah langkahlangkah gerakan mata (misalnya frekuensi berkedip dan durasi fiksasi) serta kinerja tindakan (misalnya, gerakan roda kemudi dan posisi jalur) di interval waktu yang relatif lama, tetapi sayangnya fungsi ini tidak dikembangkan dengan baik . Ada beberapa studi yang dilakukan oleh peneliti untuk mencegah pengemudi terganggu karena ponsel dengan menyediakan lalu lintas atau media penghubung pengemudi ke pemanggil.

BAB 3. METODE PENELITIAN
            Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan dengan meggunakan pernyataan-pernyataan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Sumber data yaitu data primer, terdiri dari: wawancara adalah suatu teknik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi yang digali dari sumber data langsung melalui percakapan atau tanya jawab, dan observasi adalah metode atau cara-cara menganalisis dan mengadakan pencatatan secara sistematis mengenai tigkah laku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok secara langsung. Metode ini digunakan untuk mengamati secara langsung keadaan di lapangan agar penelitian memperoleh gambaran yang lebih luas tentang permasalahan yang diteliti.
Penelitian ini akan melibatkan populasi yang berasal dari ojek online  di  Medan menggunakan sample. Indikator capaian adalah suatu proses di dalam diri ojek online untuk melakukan suatu tindakan pencegahan penggunaan handphone saat berkendara dengan cara tertentu untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Teknik pengumpulan data sangat memperhatikan pengadaan dan pengumpulan data yang memperhatikan sifat serta karakteristik penelitian yang dilakukan, kualifikasi pengumpulan data dan lain sebagainya. Dalam metode analisis kualitatif dilakukan melalui 6 tahap, yaitu: Mengkategorisasikan, mewawancarai responden atau key informen, analisis terhadap temuan dilapangan, identifikasi temuan lapangan, dan penyimpulan masalah.
Sejalan dengan teknik analisis kualitatif, proses penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian ini didasarkan pada proses kerja kulitatif. Proses kerja itu mencakupi tahap perumusan kualitatif, tahap pengujian hipotesis berdasarkan data yang tersedia, dan tahap perumusan hipotesis baru jika hipotesis pertama tidak teruji, sampai dengan tahap pemecahan masalah, yang terujinya hipotesis berdasarkan bukti yang ada. Dengan demikian, penafsiran sampai dengan penyimpulan hasil analisis dapat berlangsung secara berulang. Proses itu berhenti jika tercapai pemecahan masalah, yaitu dicapainya simpulan yang berupa terujinya kebenaran hipotesis, yakni hipotesis yang tidak bertentangan dengan bukti yang ada.





BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Ringkasan Anggaran Biaya
No. 
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1
Peralatan Penunjang (15-25%)
1.075.000
2
Bahan Habis Pakai (20-35%)
2.000.000
3
Perjalanan (15-25%)
4.000.000
4
Lan-lain: Administrasi,Publikasi, Seminar, Laporan (15%)
2.000.000
JUMLAH
Rp. 9.075.000
4.2 Jadwal Kegiatan
Penelitian ini akan melibatkan seluruh peserta dalam waktu tiga bulan. Adapun jadwal kegiatannya adalah sebagai berikut:
No
Jenis Kegiatan
Bulan 1
Bulan 2
Bulan 3
Bulan 4
Bulan 5
 1
Persiapan Penelitian 





 2
Penyusunan Instrumen penelitian 





 3
Pengambilan data lapangan 





 4
Pengolahan data  





 5
Proses Analisa Data 





 6
 Pembuatan Laporan Akhir





 7
 Pelaporan dan Seminar





 8
 Penerbitan Artikel





 9
 Evaluasi Tim








BAB 5. DAFTAR PUSTAKA
WHO. 2013.Road Traffic Injuries. http://www.who.int. diakses tanggal 14 Februari 2013
Arizona Online Defensive Driving. Driver Attitude and Behavior, www.arizonadriver.com. diakses tanggal 5 Februari 2013
K3Logistik. 2013. Keselamatan Kerja Transportasi. K3logistik.com. diakses tanggal 16 Januari 2013
The Globe Journal. Jumlah Motor di Indonesia Capai 50 Juta Unit, http:theglobaljournal.com/social/jumlah-motor-di-indonesia-capai-50-juta unit/index.php. diakses tanggal 19 Januari 2013
Samekto, Agus Aji. Studi tentang karakteristik korban kecelakaan lalu lintas di Kota Semarang.http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=5849&dc=41. Indonesian Journal Scientific Database. Diakses 10 Maret 2013
Pamungkas,Trio Adit.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelajar SMP Mengemudikan Sepeda Motor Tanpa Memiliki SIM.Indonesian Journal Scientific Database. Diakses 10 Maret 2013
Dephub RI Ditjen Perhubungan Darat. Buku Petunjuk Tata Cara Bersepeda Motor di Indonesia. 2009
UU RI No. 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Permasalahannya
Supratman, Agus. Analisis Parameter Kinerja dan Penetapan Nilai Indeks Keselamatan Lalu Lintas dengan Algoritma Grey System Pada Jalan Bebas Hambatan di Indonesia. sipil.upi.edu/direktori/index.php. diakses tanggal 13 Februari 2013
Wirawan, Pradita Tria. Etika Berkendara dan Cerminan Budaya Bangsa. http:praditatria.wordpress.com. diakses tanggal 15Februari 2013
H. Abdul Shabeer & Wahida Banu. Mobile PhoneAccident-Experience of India.Transport and Telecommunication, Volume 13, No 3, 193–208 .Transport and Telecommunication Institute, Lomonosova 1, Riga, LV-1019, Latvia 2012,
Murti B, “Desain dan Ukuran Sampel Untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang Kesehatan”. UGM Press

Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen Pembimbing
A. Identitas Diri
1.
Nama Lengkap
Rini Anggi Safitri
2.
Jenis Kelamin
Perempuan
3.
Program Studi
FISIP/Ilmu Administrasi Negara
4.
NPM
1503100001
5.
Tempat dan Tanggal Lahir
Marbau Selatan, 27 Maret 1997
6.
Email
7.
No.HP
082165060859
B. Riwayat Pendidikan

SD/Sederajat
SMP/Sederajat
SMA/Sederajat
Nama Institusi
SDN 115481 dusun sidomulyo MBK
Smpn3 kampung jawa marsel
Mas al-washliyah marbau
Jurusan
-
-
IPS
TahunMasuk-Lulus
2003-2009
2009-2012
2012-2015
D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1.
-
-
-
2.
-
-
-
3.
-
-
-
Semua data yang saya isikan dan saya camtumkan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian dengan yang saya camtumkan saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dan pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) dengan judul “pengaruh penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial  kecelakaan lalu lintas pada ojek online di medan”.
Medan, 21 April 2017
Ketua Pelaksana Penelitian

(Rini Anggi Safitri)
II. Biodata Anggota 1 Tim Peneliti :
A. Identitas
1.
Nama Lengkap
Deli Mustika Devi
2.
Jenis Kelamin
Perempuan
3.
Program Studi
FISIP/Ilmu Administrasi Negara
4.
NPM
1503100004
5.
Tempat dan Tanggal Lahir
Cikampak, 07 Juni 1997
6.
Email
7.
No.HP
082167861030
B. Riwayat Pendidikan

SD/Sederajat
SMP/Sederajat
SMA/Sederajat
Nama Institusi
SDN 117876 Cikampak
MTS Al-Hidayah Cikampak
SMK Yapim Pinang Awan
Jurusan
-
-
Administrasi Perkantoran
Tahun Masuk-Lulus
2003-2009
2009-2012
2012-2015
D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1.
-
-
-
2.
-
-
-
3.
-
-
-
Semua data yang saya isikan dan saya camtumkan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian dengan yang saya camtumkan saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dan pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) dengan judul “pengaruh penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial  kecelakaan lalu lintas pada ojek online di medan”.
Medan, 21 April 2017
Anggota 1

(Deli Mustika Devi)
III. Biodata Anggota 2Tim Peneliti :
A. Identitas
1.
Nama Lengkap
Ely Wahyuni
2.
Jenis Kelamin
Perempuan
3.
Program Studi
FISIP/Ilmu Administrasi Negara
4.
NPM
1503100061
5.
Tempat dan Tanggal Lahir
Penggalian, 18 Oktober 1997
6.
Email
7.
No.HP
085270744752
B. Riwayat Pendidikan

SD/Sederajat
SMP/Sederajat
SMA/Sederajat
Nama Institusi
SDN 104322 desa penggalian
SMPN 2 Tebing Syahbandar
SMKN 3 Tebing Tinggi
Jurusan
-
-
Tata Boga
Tahun Masuk-Lulus
2003-2009
2009-2012
2012-2015
D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1.
-
-
-
2.
-
-
-
3.
-
-
-
Semua data yang saya isikan dan saya camtumkan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian dengan yang saya camtumkan saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dan pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) dengan judul “pengaruh penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial  kecelakaan lalu lintas pada ojek online di medan”.
Medan, 21 April 2017
Anggota 2

(Ely Wahyuni)
IV. Biodata Dosen Pembimbing :
A. Identitas
1.
Nama Lengkap
Dedi Amrizal S.Sos.,M.Si
2.
Jenis Kelamin
Laki-Laki
3.
Program Studi
FISIP/Ilmu Administrasi Negara
4.
NIDN
01100097201
5.
Tempat dan Tanggal Lahir
Medan, 10 September 
6.
Email
7.
No.HP
081397890706
B. Riwayat Pendidikan

SD/Sederajat
SMP/Sederajat
SMA/Sederajat
Nama Institusi
SDN NO 060786
SMPN 10
SMAN 3
Jurusan
-
-
IPS
Tahun Masuk-Lulus
1978-1983
1984-1986
1987-1989
D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
No
Jenis Penghargaan
Institusi Pemberi Penghargaan
Tahun
1.
-
-
-
2.
-
-
-
3.
-
-
-
Semua data yang saya isikan dan saya camtumkan adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian dengan yang saya camtumkan saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dan pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) dengan judul “pengaruh penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial  kecelakaan lalu lintas pada ojek online di medan”.
Medan, 21 April 2017


Dosen Pendamping
(Dedi Amrizal S.Sos.,M.Si
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Biaya
1. Peralatan Penunjang
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Tas dan Map Data
Penyimpanan Data
3 buah
Rp 100.000
Rp 300.000
Flashdisk
Penyimpanan Data
3 buah
Rp 100.000
Rp 300.000
Internet di Warnet
Aalisa Data
5 kali
Rp 20.000
Rp 100.000
SUB TOTAL (Rp)
Rp 700.000
2. Bahan Habis Pakai

Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Kertas A4 dan F4
Analisa Data dan Laporan Akhir
3 rim
Rp 35.000
Rp 105.000
Tinta Merk Broder
Printer
10 botol
Rp 32.500
Rp 325.000
Makanan di Perjalanan
Keperluan Enumerator
5 kali
Rp 200.000
Rp 1.000.000
ATK
Penelitian Lapangan
3 paket
Rp 150.000
Rp 450.000
SUB TOTAL (Rp)
Rp 1.880.000





3. Perjalanan
Material
Justifikasi Perjalanan
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Bensin Dalam Kota
Menemui Informan
5
Rp 300.000
Rp 1.500.000
Makan
Menemui Tokoh
5
Rp 300.000
Rp 1.500.000
Door Smeer
Cuci Motor
5
Rp 25.000
Rp125.000
Buah atau Makanan
Buah Tangan
5
Rp 150.000
Rp 750.000
SUB TOTAL (Rp)
Rp 3.875.000
4. Lain-lain
Material
Justifikasi Perjalanan
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
Wawancara
Diskusi
5 kali
Rp 200.000
Rp 1.000.000
Bahan Penjilid dan Laporan Akhir
Laporan Akhir
1 paket
Rp 200.000
Rp 200.000
Ongkos Penerbitan Artikel
Laporan Akhir
1 paket
Rp 200.000
Rp 200.000
Biaya Seminar
Laporan Akhir
1 paket
Rp 200.000
Rp 200.000
SUB TOTAL (Rp)
Rp 1.600.000
TOTAL ANGGARAN YANG DIPERLUKAN (Rp)
Rp. 9.075.000



Lampiran 4 Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas
No
Nama / NIM
Program Studi
Bidang Ilmu
Alokasi Waktu (jam/minggu)
Uraian Tugas
1
Rini Anggi Safitri(1503100001)
IAN 
 Sosial
6
 Merancang Penelitian
2
Deli Mustika Devi(1503100004)
IAN 
 Sosial
4
Mengelola Data 
3
Rafika Duri(1503100053)
IAN 
 Sosial
4
Mengelola Data 















SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA

Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama                           : Rini Anggi Safitri
NPM                           : 1503100001
Program Studi             : Ilmu Administrasi Negara
Fakultas                       : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-Penelitian dengan judul
PENGARUH PENGGUNAAN HANDPHONE SAAT BERKENDARA TERHADAP POTENSIAL  KECELAKAAN LALU LINTAS PADA OJEK ONLINE DI MEDAN
Yang diusulkan untuk tahun anggaran 2016 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

Medan, 04 Mei 2017
Mengetahui,                                                                 Yang Menyatakan
Wakil Rektor III
Bidang Kemahasiswaan



Rudianto, S.Sos.,M.Si                                                  Rini Anggi Safitri
NIP. 197208122008012003                                        NPM : 1503100001



Komentar