
PROPOSAL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PENGARUH
PENGGUNAAN HANDPHONE SAAT BERKENDARA TERHADAP POTENSIAL KECELAKAAN LALU LINTAS PADA OJEK ONLINE DI MEDAN
BIDANG
KEGIATAN
PKM
PENELITIAN
Diusulkan
Oleh:
Rini
Anggi Safitri; 1503100001; 2015
Deli
Mustika Devi; 1503100004; 2015
Ely
Wahyuni; 1503100061; 2015
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
MEDAN
2017
PENGESAHAN
PROPOSAL PKM-P
1.
Judul
Kegiatan : Pengaruh penggunaan handphone
disaat
berkendara terhadap
potensial
kecelakaan lalu lintas
pada ojek online
di Medan
2. Bidang
Kegiatan :
PKM-P
3. Ketua
Pelaksana Kegiatan
a. Nama
Lengkap :
Rini Anggi Safitri
b. NPM :
1503100001
c. Jurusan : Ilmu
Administrasi Negara
d. Universitas/Institut/Politeknik : UMSU
e. Alamat
Rumah dan No Tel/HP : Pembangunan 3
Gang A no.6
4. Anggota
Pelaksana Kegiatan/Penulis : 2 Orang
5. Dosen
Pendamping
6. Nama
Lengkap dan Gelar : Dedi
Amrizal, S.Sos., M.Si
a. NIDN :
0819067003
b. Alamat
Rumah dan No.Tel/HP : Jalan Pancing, Gg
pendidikan no.57 Medan / 081397890706
7. Biaya
Kegiatan Total
a. Kemristekdikti : Rp. 9.075.000
b. Sumber
lain : -
8. Jangka
Waktu Pelaksanaan : 5
bulan
Medan, 04 Mei 2017
Menyetujui
Wakil
Dekan III Ketua
Pelaksana,
(Abrar
Adhani, S.Sos.,M.I.Kom) (Rini
Anggi Safitri)
NIDN
: 0111117804 NIM
: 1503100001
Wakil
Rektor I UMSU Dosen
pendamping,
Bidang
Akademik
(Dr.
H. Muhammad Arifin, S.H.,M.Hum) (Dedi
Amrizal, S.sos.,M.Si)
NIP
: 1 NIP. 1957201131987031002 NIDN.
0819067003
DAFTAR
ISI
Halaman
COVER i
LEMBAR
PENGESAHAN ii
DAFTAR ISI iii
BAB 1. PENDAHULUAN.........................................................................
4
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA................................................................
5
BAB 3. METODE PENELITIAN..............................................................
7
BAB 4. BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN.........................................
8
4.1 Ringkasan Anggaran Biaya....................................................................
8
4.2 Jadwal Kegiatan.....................................................................................
8
Daftar Pustaka............................................................................................. 9
Lampiran
Lampiran......................................................................................
10
BAB 1. PENDAHULUAN
Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa
terlepas dari teknologi. Konsumsi masyarakat akan teknologi menjadikan dunia
teknologi semakin lama semakin canggih. Komunikasi yang dulunya memerlukan
waktu yang lama dalam penyampaiannya kini dengan teknologi segalanya menjadi
sangat dekat dan tanpa jarak. Awalnya, teknologi diciptakan untuk mempermudah
setiap kegiatan manusia. Lahir dari pemikiran manusia yang berusaha untuk
mempermudah kegiatan-kegiatannya yang kemudian diterapkan dalam kehidupan. Kini
teknologi telah berkembang pesat dan semakin maju seiring dengan perkembangan
zaman sehingga terjadi pengalihan fungsi teknologi. Kemajuan teknologi ibarat
pisau bermata dua, di satu sisi ada manfaat yang dapat mempermudah dan
memberikan kenyamanan dalam kehidupan kita, namun di sisi lain, jika tidak
diwaspadai kemajuan teknologi akan menjerumuskan kita pada kemadharatan.
Contohnya pada salah satu fasilitas canggih pada masa ini yang akan dibahas
yaitu mengenai maraknya ojek online yang menggunakan handphone disaat
berkendara. Dengan adanya handphone, jarak menjadi lebih dekat, bisnis menjadi
lebih lancar, sehingga ramalan bahwa dunia akan menjadi kampung global, menjadi
kenyataan. Meskipun memang benar peranan handphone pada saat ini sangatlah
penting dan sangat membantu orang dalam berkomunikasi jarak, baik dekat maupun
jarak jauh. Namun demikian, ternyata handphone juga membawa dampak buruk yang
tidak sedikit, mulai dari bahaya terganggunya kesehatan karena gelombang
mikrowive yang digunakannya, hingga bahaya akhlak dan moral para penggunanya.
Contoh lain yang lebih berpengaruh dalam
pengguan handphone terhadap ojek online pada saat berkendara, para ojek online
kebanyakan rela mengacuhkan keselamatan hanya demi untuk bisa melihat orderan
dari pelanggan . Atas dasar itulah dalam
penulisan karya tulis ini, kami mengambil tema sosial yang berguna untuk
memberikan informasi pada semua dan memberikan judul “Pengaruh Penggunaan
Handphone Disaat Berkendara Terhadap Potensial Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ojek
Online Di Medan”. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perilaku “safety riding” ojek online dalam
penggunaan handphone saat mengendarai sepeda motor serta menganalisis potensial
resikonya terhadap kejadian kecelakaan lalu lintas. Seta untuk menjadi acuan bagi para ojek online agar
lebih peduli terhadap keselamatan dan mengurangi penggunaan handphone dijalan
raya guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Luaran
yang kami harapkan dalam penelitian ini yaitu berupa artikel dan jurnal ilmiah
yang dipublikasikan baik dalm bentuk cetakan maupun elektronik, sehingga masyarakat
terutama kalangan ojek online dapat mengakses dengan mudah dan dengan biaya
yang murah. Tujuannya agar ojek online dapat mengetahui tentang realita
bahayanya menggunakan handphone di jalan raya sehingga mereka dapat mengambil
pelajaran dari sebuah kehidupan.
BAB
2. TINJAUAN PUSTAKA
Handphone adalah sebuah perangkat
telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dngan telephone fixed line
sehingga konvesional, namun dapat di bawa kemana-mana ( portable ) dan tidak perlu disambungkan
dengan jaringan telephone menggunakan kabel ( nirkabel, wireles ). Kegunaan handphone yaitu komunikasi antar
manusia(smartphone adalah suatu bentuk pengembangan terbaru dari teknologi
telepon nirkabel.
Dengan smartphone seseorang dapat melakukan komunikasi
seperti handphone biasa pada umumnya, yaitu seperti untuk telephone suara,
mengirim pesan sms, dan layanan data), mencari informasi/ilmu(berselancar di
dunia internet jauh lebih nyaman jika menggunakan smartphone dari pada hp biasa
yang belum dilengkapi dengan teknologi yang canggih), hiburan(smartphone dapat
menayangkan berbagai format multimedia yang ada), aplikasi(Pengguna hp dapat
memasang dan menjalankan berbagai aplikasi yang tersedia di internet dan juga
non internet yang sesuai dengan sistem operasi yang digunakannya), penyimpanan
data(smartphone yang diberi kartu tambahan akan mampu menampung data yang lebih
besar), gaya(ada banyak orang menggunakan handphone untuk menunjang penampilan
sehari-hari), dan penunjuk arah(salah satu penting dari handphone adalah untuk
mendapatkan informasi, selain itu dengan dipadukan layanan jejaring sosial maka
dapat menjadi sesuatu yang sangat menarik dan dibutuhkan).
Ojek adalah transportasi umum tidak
resmi di Indonesia berupa sepeda motor atau sepeda yang disewakan dengan cara
memboncengkan penumpang. Ojek banyak digunakan oleh penduduk kota-kota besar
karena kelebihannya dibandingkan dengan angkutan lain, salah satu di antaranya
yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Terminologi
lalu lintas adalah pergerakan benda yang searah/berlawanan arah dan pergerakan
benda memotong arah dalam suatu ruang pergerakan atau jalur pergerakan.
Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak diduga dan
tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pengguna jalan lain yang
mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda.
Menurut Carter
& Homburger kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa yang terjadi
akibat adanya kesalahan pada sistem pembentuk lalu lintas yaitu meliputi
manusia, kendaraan, jalan dan lingkungan. Keselamatan berkendara mengacu kepada
perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang
cukup baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain, agar dapat terhindar dari
kecelakaan lalu lintas. Diperlukan sebuah sistem yang lebih menyeluruh sehingga
pengendara kendaraan bermotor benar-benar sadar dan paham akan pentingnya
menjaga dan membudayakan keselamatan di jalan raya. Konsep safety riding kemudian dikembangkan menjadi defensive driving. merupakan pengembangan lebih lanjut dari safety
riding yang sudah ada dimana terdapat empat kunci utama prinsip defensive driving tersebut yaitu: Kewaspadaan(Alertness) merupakan faktor utama yang
menjamin pengendara untuk selalu siaga dan waspada. Ini adalah sistem
perlindungan pertama jika menghadapi pengendara lain yang berlaku tidak aman di
jalan raya.
Ojek online tidak akan mudah terpengaruh untuk
mengikuti tindak tidak aman di jalan raya karena ia sadar sepenuhnya akan
bahaya, kesadaran (Awarness) adalah
penguasaan diri dalam berkendara. Ojek online yang mempunyai kesadaran penuh
dan memiliki prosedur berkendara dengan baik, benar, dan aman akan selalu
terdorong untuk tertib pada peraturan yang ada. Selain itu, ojek online yang
mempunyai kesadaran penuh dalam berkendara tidak akan bersikap membahayakan,
serta sikap dan mental (Attitude)
merupakan faktor dominan yang sangat menetukan keselamatan di jalan raya. Ojek
online yang dapat mengendalikan sikap di jalan raya berarti dapat mengendalikan
emosinya. Dengan pengendalian emosi di jalan raya, maka akan muncul sikap untuk
memperhatikan kepentingan orang lain selain kepentingan dirinya. Sikap
emosional yang memicu arrogan driving
dapat dihindarkan.
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kecelakaan lalu lintas jalan
menjadi penyebab utama kematian ke-9 dan 2,2 % dari kematian global .
Diprediksi peringkat kecenderungan peningkatan kejadian tersebut sehingga
kecelakaan lalu lintas akan menjadi sebagai penyebab utama ke-5 pada 2030 jika
tidak ada tindakan pencegahan yang diambil untuk mengatasi hal tersebut.
Kematian lalu lintas di jalan diperkirakan akan naik dari tingkat saat ini
hampir 1,3 juta kematian setiap tahun atau lebih dari 1,9 juta kematian per
tahun pada tahun 2020 . Menurut Dewan Keselamatan Nasional (NSC) AS, diperkirakan bahwa setidaknya 28 % dari semua kecelakaan
lalu lintas atau setidaknya 1,6 juta kecelakaan lalu lintas setiap tahun
melibatkan pengemudi menggunakan telepon seluler .
Penelitian yang dilakukan oleh James menunjukkan
gangguan pengendara akibat penggunaan ponsel adalah resiko yang jelas dan tidak
sulit untuk dimengerti, karena posisi pengendara ketika mereka mencoba untuk
memanggil nomor, mengubah musik pada smart phone, pengendara tersebut tidak
bisa mempertahankan kecepatan yang konsisten , melayang menuju garis tengah ,
atau tidak bergerak ketika perubahan cahaya dari merah ke hijau.
Mengidentifikasi gangguan pengendara secara real time merupakan tantangan
penting dalam mengembangkan sistem mitigasi gangguan, terutama dalam mendeteksi
gangguan kognitif yang membutuhkan integrasi dari sejumlah langkahlangkah
gerakan mata (misalnya frekuensi berkedip dan durasi fiksasi) serta kinerja
tindakan (misalnya, gerakan roda kemudi dan posisi jalur) di interval waktu
yang relatif lama, tetapi sayangnya fungsi ini tidak dikembangkan dengan baik .
Ada beberapa studi yang dilakukan oleh peneliti untuk mencegah pengemudi
terganggu karena ponsel dengan menyediakan lalu lintas atau media penghubung
pengemudi ke pemanggil.
BAB 3. METODE PENELITIAN
Penelitian kualitatif adalah
penelitian yang dilakukan dengan meggunakan pernyataan-pernyataan. Metode yang
digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif
kualitatif akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari
orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Sumber data yaitu data primer,
terdiri dari: wawancara adalah suatu
teknik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi yang digali dari sumber
data langsung melalui percakapan atau tanya jawab, dan observasi adalah metode
atau cara-cara menganalisis dan mengadakan pencatatan secara sistematis
mengenai tigkah laku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok secara
langsung. Metode ini digunakan untuk mengamati secara langsung keadaan di
lapangan agar penelitian memperoleh gambaran yang lebih luas tentang
permasalahan yang diteliti.
Penelitian ini akan melibatkan populasi yang
berasal dari ojek online di Medan menggunakan sample. Indikator capaian adalah
suatu proses di dalam diri ojek online untuk melakukan suatu tindakan
pencegahan penggunaan handphone saat berkendara dengan cara tertentu untuk
menghindari terjadinya kecelakaan lalu lintas. Teknik pengumpulan data sangat
memperhatikan pengadaan dan pengumpulan data yang memperhatikan sifat serta
karakteristik penelitian yang dilakukan, kualifikasi pengumpulan data dan lain
sebagainya. Dalam metode analisis kualitatif dilakukan melalui 6 tahap, yaitu: Mengkategorisasikan,
mewawancarai responden atau key informen, analisis terhadap temuan dilapangan,
identifikasi temuan lapangan, dan penyimpulan masalah.
Sejalan dengan teknik analisis kualitatif,
proses penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian ini didasarkan pada proses
kerja kulitatif. Proses kerja itu mencakupi tahap perumusan kualitatif, tahap
pengujian hipotesis berdasarkan data yang tersedia, dan tahap perumusan
hipotesis baru jika hipotesis pertama tidak teruji, sampai dengan tahap
pemecahan masalah, yang terujinya hipotesis berdasarkan bukti yang ada. Dengan
demikian, penafsiran sampai dengan penyimpulan hasil analisis dapat berlangsung
secara berulang. Proses itu berhenti jika tercapai pemecahan masalah, yaitu
dicapainya simpulan yang berupa terujinya kebenaran hipotesis, yakni hipotesis
yang tidak bertentangan dengan bukti yang ada.
BAB 4. BIAYA
DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Ringkasan Anggaran Biaya
No.
|
Jenis
Pengeluaran
|
Biaya
(Rp)
|
1
|
Peralatan
Penunjang (15-25%)
|
1.075.000
|
2
|
Bahan
Habis Pakai (20-35%)
|
2.000.000
|
3
|
Perjalanan
(15-25%)
|
4.000.000
|
4
|
Lan-lain:
Administrasi,Publikasi, Seminar, Laporan (15%)
|
2.000.000
|
JUMLAH
|
Rp.
9.075.000
|
4.2 Jadwal Kegiatan
Penelitian
ini akan melibatkan seluruh peserta dalam waktu tiga bulan. Adapun jadwal
kegiatannya adalah sebagai berikut:
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Bulan 4
|
Bulan 5
|
1
|
Persiapan
Penelitian
|
|
|
|
||
2
|
Penyusunan
Instrumen penelitian
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengambilan
data lapangan
|
|
|
|
|
|
4
|
Pengolahan
data
|
|
|
|
|
|
5
|
Proses
Analisa Data
|
|
|
|
|
|
6
|
Pembuatan
Laporan Akhir
|
|
|
|
|
|
7
|
Pelaporan
dan Seminar
|
|
|
|
|
|
8
|
Penerbitan
Artikel
|
|
|
|
|
|
9
|
Evaluasi
Tim
|
|
|
|
|
|
BAB 5. DAFTAR
PUSTAKA
WHO.
2013.Road Traffic Injuries. http://www.who.int. diakses tanggal 14 Februari
2013
Arizona
Online Defensive Driving. Driver Attitude and Behavior, www.arizonadriver.com.
diakses tanggal 5 Februari 2013
K3Logistik.
2013. Keselamatan Kerja Transportasi. K3logistik.com. diakses tanggal 16
Januari 2013
The Globe
Journal. Jumlah Motor di Indonesia Capai 50 Juta Unit,
http:theglobaljournal.com/social/jumlah-motor-di-indonesia-capai-50-juta
unit/index.php. diakses tanggal 19 Januari 2013
Samekto,
Agus Aji. Studi tentang karakteristik korban kecelakaan lalu lintas di Kota
Semarang.http://isjd.pdii.lipi.go.id/index.php/Search.html?act=tampil&id=5849&dc=41.
Indonesian Journal Scientific Database. Diakses 10 Maret 2013
Pamungkas,Trio
Adit.Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelajar SMP Mengemudikan Sepeda
Motor Tanpa Memiliki SIM.Indonesian Journal Scientific Database. Diakses 10
Maret 2013
Dephub RI
Ditjen Perhubungan Darat. Buku Petunjuk Tata Cara Bersepeda Motor di Indonesia.
2009
UU RI No.
22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Permasalahannya
Supratman,
Agus. Analisis Parameter Kinerja dan Penetapan Nilai Indeks Keselamatan Lalu
Lintas dengan Algoritma Grey System Pada Jalan Bebas Hambatan di Indonesia.
sipil.upi.edu/direktori/index.php. diakses tanggal 13 Februari 2013
Wirawan,
Pradita Tria. Etika Berkendara dan Cerminan Budaya Bangsa. http:praditatria.wordpress.com.
diakses tanggal 15Februari 2013
H. Abdul
Shabeer & Wahida Banu. Mobile PhoneAccident-Experience of India.Transport
and Telecommunication, Volume 13, No 3, 193–208 .Transport and
Telecommunication Institute, Lomonosova 1, Riga, LV-1019, Latvia 2012,
Murti B,
“Desain dan Ukuran Sampel Untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di Bidang
Kesehatan”. UGM Press
Lampiran
1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen Pembimbing
A.
Identitas Diri
1.
|
Nama Lengkap
|
Rini Anggi Safitri
|
2.
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3.
|
Program Studi
|
FISIP/Ilmu
Administrasi Negara
|
4.
|
NPM
|
1503100001
|
5.
|
Tempat dan Tanggal
Lahir
|
Marbau Selatan, 27
Maret 1997
|
6.
|
Email
|
|
7.
|
No.HP
|
082165060859
|
B.
Riwayat Pendidikan
|
SD/Sederajat
|
SMP/Sederajat
|
SMA/Sederajat
|
Nama Institusi
|
SDN
115481 dusun sidomulyo MBK
|
Smpn3
kampung jawa marsel
|
Mas
al-washliyah marbau
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPS
|
TahunMasuk-Lulus
|
2003-2009
|
2009-2012
|
2012-2015
|
D.
Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi
lainnya)
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberi
Penghargaan
|
Tahun
|
1.
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
-
|
-
|
-
|
Semua
data yang saya isikan dan saya camtumkan adalah benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian
dengan yang saya camtumkan saya sanggup menerima sanksi.
Demikian
biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan
dan pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) dengan
judul “pengaruh penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial kecelakaan lalu lintas pada ojek online di medan”.
Medan,
21 April 2017
Ketua Pelaksana Penelitian
(Rini
Anggi Safitri)
II. Biodata Anggota 1 Tim Peneliti :
A.
Identitas
1.
|
Nama Lengkap
|
Deli Mustika Devi
|
2.
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3.
|
Program Studi
|
FISIP/Ilmu
Administrasi Negara
|
4.
|
NPM
|
1503100004
|
5.
|
Tempat dan Tanggal
Lahir
|
Cikampak, 07 Juni
1997
|
6.
|
Email
|
|
7.
|
No.HP
|
082167861030
|
B.
Riwayat Pendidikan
|
SD/Sederajat
|
SMP/Sederajat
|
SMA/Sederajat
|
Nama Institusi
|
SDN 117876 Cikampak
|
MTS
Al-Hidayah Cikampak
|
SMK
Yapim Pinang Awan
|
Jurusan
|
-
|
-
|
Administrasi
Perkantoran
|
Tahun Masuk-Lulus
|
2003-2009
|
2009-2012
|
2012-2015
|
D.
Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi
lainnya)
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberi
Penghargaan
|
Tahun
|
1.
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
-
|
-
|
-
|
Semua
data yang saya isikan dan saya camtumkan adalah benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari dijumpai
ketidaksesuaian dengan yang saya camtumkan saya sanggup menerima sanksi.
Demikian
biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan
dan pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) dengan
judul “pengaruh penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial kecelakaan lalu lintas pada ojek online di medan”.
Medan,
21 April 2017
Anggota 1
(Deli Mustika Devi)
III. Biodata Anggota 2Tim Peneliti :
A. Identitas
1.
|
Nama Lengkap
|
Ely Wahyuni
|
2.
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3.
|
Program Studi
|
FISIP/Ilmu
Administrasi Negara
|
4.
|
NPM
|
1503100061
|
5.
|
Tempat dan Tanggal
Lahir
|
Penggalian, 18
Oktober 1997
|
6.
|
Email
|
|
7.
|
No.HP
|
085270744752
|
B. Riwayat Pendidikan
|
SD/Sederajat
|
SMP/Sederajat
|
SMA/Sederajat
|
Nama Institusi
|
SDN 104322 desa
penggalian
|
SMPN 2 Tebing
Syahbandar
|
SMKN 3 Tebing
Tinggi
|
Jurusan
|
-
|
-
|
Tata Boga
|
Tahun Masuk-Lulus
|
2003-2009
|
2009-2012
|
2012-2015
|
D.
Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi
lainnya)
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberi
Penghargaan
|
Tahun
|
1.
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
-
|
-
|
-
|
Semua
data yang saya isikan dan saya camtumkan adalah benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari dijumpai
ketidaksesuaian dengan yang saya camtumkan saya sanggup menerima sanksi.
Demikian biodata ini saya
buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dan pengajuan
Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) dengan judul “pengaruh
penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial kecelakaan lalu lintas pada ojek online di medan”.
Medan, 21 April 2017
Anggota
2
(Ely Wahyuni)
IV. Biodata Dosen Pembimbing :
A. Identitas
1.
|
Nama Lengkap
|
Dedi Amrizal
S.Sos.,M.Si
|
2.
|
Jenis Kelamin
|
Laki-Laki
|
3.
|
Program Studi
|
FISIP/Ilmu
Administrasi Negara
|
4.
|
NIDN
|
01100097201
|
5.
|
Tempat dan Tanggal
Lahir
|
Medan, 10
September
|
6.
|
Email
|
|
7.
|
No.HP
|
081397890706
|
B. Riwayat Pendidikan
|
SD/Sederajat
|
SMP/Sederajat
|
SMA/Sederajat
|
Nama Institusi
|
SDN NO 060786
|
SMPN 10
|
SMAN 3
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPS
|
Tahun Masuk-Lulus
|
1978-1983
|
1984-1986
|
1987-1989
|
D.
Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi
lainnya)
No
|
Jenis Penghargaan
|
Institusi Pemberi
Penghargaan
|
Tahun
|
1.
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
-
|
-
|
-
|
Semua
data yang saya isikan dan saya camtumkan adalah benar dan dapat
dipertanggungjawabkan secara hukum.Apabila dikemudian hari dijumpai ketidaksesuaian
dengan yang saya camtumkan saya sanggup menerima sanksi.
Demikian
biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan
dan pengajuan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) dengan
judul “pengaruh penggunaan handphone saat berkendara terhadap potensial kecelakaan lalu lintas pada ojek online di medan”.
Medan, 21 April 2017
Dosen Pendamping
(Dedi Amrizal S.Sos.,M.Si
Lampiran 2. Justifikasi Anggaran Biaya
1. Peralatan Penunjang
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Jumlah
(Rp)
|
Tas dan Map Data
|
Penyimpanan Data
|
3 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 300.000
|
Flashdisk
|
Penyimpanan Data
|
3 buah
|
Rp 100.000
|
Rp 300.000
|
Internet di Warnet
|
Aalisa Data
|
5 kali
|
Rp 20.000
|
Rp 100.000
|
SUB
TOTAL (Rp)
|
Rp 700.000
|
2. Bahan Habis Pakai
Material
|
Justifikasi
Pemakaian
|
Kuantitas
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Jumlah
(Rp)
|
Kertas A4 dan F4
|
Analisa Data dan Laporan
Akhir
|
3 rim
|
Rp 35.000
|
Rp 105.000
|
Tinta Merk Broder
|
Printer
|
10 botol
|
Rp 32.500
|
Rp 325.000
|
Makanan di Perjalanan
|
Keperluan Enumerator
|
5 kali
|
Rp 200.000
|
Rp 1.000.000
|
ATK
|
Penelitian Lapangan
|
3 paket
|
Rp 150.000
|
Rp 450.000
|
SUB
TOTAL (Rp)
|
Rp 1.880.000
|
3. Perjalanan
Material
|
Justifikasi
Perjalanan
|
Kuantitas
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Jumlah
(Rp)
|
Bensin Dalam Kota
|
Menemui Informan
|
5
|
Rp 300.000
|
Rp 1.500.000
|
Makan
|
Menemui Tokoh
|
5
|
Rp 300.000
|
Rp 1.500.000
|
Door Smeer
|
Cuci Motor
|
5
|
Rp 25.000
|
Rp125.000
|
Buah atau Makanan
|
Buah Tangan
|
5
|
Rp 150.000
|
Rp 750.000
|
SUB
TOTAL (Rp)
|
Rp 3.875.000
|
4. Lain-lain
Material
|
Justifikasi
Perjalanan
|
Kuantitas
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Jumlah
(Rp)
|
Wawancara
|
Diskusi
|
5 kali
|
Rp 200.000
|
Rp 1.000.000
|
Bahan Penjilid dan Laporan
Akhir
|
Laporan Akhir
|
1 paket
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
Ongkos Penerbitan Artikel
|
Laporan Akhir
|
1 paket
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
Biaya Seminar
|
Laporan Akhir
|
1 paket
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
SUB
TOTAL (Rp)
|
Rp 1.600.000
|
|||
TOTAL
ANGGARAN YANG DIPERLUKAN (Rp)
|
Rp.
9.075.000
|
Lampiran
4 Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas
No
|
Nama / NIM
|
Program Studi
|
Bidang Ilmu
|
Alokasi Waktu (jam/minggu)
|
Uraian Tugas
|
1
|
Rini Anggi Safitri(1503100001)
|
IAN
|
Sosial
|
6
|
Merancang Penelitian
|
2
|
Deli Mustika Devi(1503100004)
|
IAN
|
Sosial
|
4
|
Mengelola Data
|
3
|
Rafika Duri(1503100053)
|
IAN
|
Sosial
|
4
|
Mengelola Data
|
SURAT
PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama :
Rini Anggi Safitri
NPM :
1503100001
Program Studi :
Ilmu Administrasi Negara
Fakultas :
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-Penelitian
dengan judul
PENGARUH
PENGGUNAAN HANDPHONE SAAT BERKENDARA TERHADAP POTENSIAL KECELAKAAN LALU LINTAS PADA OJEK ONLINE DI MEDAN
Yang
diusulkan untuk tahun anggaran 2016 bersifat original dan belum pernah dibiayai
oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana
dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya
bersedia dituntut dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku dan mengembalikan
seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian
pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.
Medan, 04 Mei 2017
Mengetahui, Yang
Menyatakan
Wakil Rektor III
Bidang Kemahasiswaan
Rudianto, S.Sos.,M.Si Rini
Anggi Safitri
NIP. 197208122008012003 NPM :
1503100001
Komentar
Posting Komentar